Kamis, 28 November 2013

Resensi Novel 12 MENIT

Resensi Novel 12 MENIT
by:Rini Widyastuti

12 Menit
by Oka Aurora
Judul : 12 Menit
Pengarang : Oka Aurora
Penerbit : Noura Books
Tebal : xiv + 348 halaman
Cetakan : Pertama, Mei 2013
ISBN : 978-602-7816-33-6

"Kerja keras, semangat dan selalu berpikir positif akan selalu mengalahkan segala hambatan, dan kemenangan adalah hadiah tak tertolak yang pantas diterima karenanya"

Novel ini terinspirasi dari sebuah kisah nyata. Tentang sebuah semangat pantang menyerah dari sekelompok anak muda.
Bagaimana sebuah semangat, kerja keras dan doa akan selalu menghasilkan buah yang manis. Bagaimana sebuah keyakinan yang kuat akan selalu menghasilkan hasil yang gilang gemilang tanpa menafikkan hambatan mental maupun fisik yang menghalangi anak-anak muda ini.
Novel ini berkisah
tentang perjuangan keras anak-anak Marching Band PKT
Bontang binaan Pabrik Pupuk Kaltim yang telah sukses tampil di kejuaraan daerah maupun internasional.
Mungkin kita heran kenapa judul novel ini 12 menit untuk selamanya? kenapa bukan 5 menit misalnya atau satu jam sekalian?
Kenapa 12 menit? Ya, ternyata karena waktu
sebanyak 12 menit lah yang  ternyata memiliki sebuah filosofi. Adalah  12 menit waktu yang diperlukan oleh sebuah marching band untuk menunjukkan penampilannya dalam mengikuti kejuaraan,
Jadi bisa dibilang, hanya terletak di 12 menit inilah, "kehormatan" mereka sebagai kelompok dipertaruhkan, kebanggaan dan nama baik daerah kecil mereka diperjuangkan, dan di 12 menit inilah mereka menunjukkan eksistensi dan kerja keras mereka di mata masyarakat luas
.Di 12 menit ini mereka membuktikan kebenaran akronim nama daerah mereka,  bond adalah kumpulan atau ikatan persaudaraan dan tang artinya pendatang, menjadi sebuah prestasi membanggakan karena kekompakan persaudaraan sedaerah itu sendiri. Mereka rela mengorbankan segalanya, termasuk berlatih ribuan jam hanya demi 12
menit penentuan di penampilan apik mereka. Amazing!
Hasilnya memang luar biasa, Bontang PKT berhasil menyabet juara sebanyak 10 kali di
kejuaraan nasional
GPMB (Grand Prix Marching Band),
sebuah kejuaraan nasional Marching
Band yang diadakan tiap tahun di
Istora Senayan, juga meraih kejayaan  di
kejuaraan internasional. Whew...sangat membanggakan bukan?
Sebagai pembanding kita masih ingat novel dan film fenomenal yang banyak memenangkan penghargaan juga hati masyarakat Indonesia juga dunia? Yap,  laskar pelangi nya Andrea Hirata,  yang gigih memperkenalkan daerah asalnya Belitong.... maka senada dengan semangat Andrea,  Oka sang penulis yang ibu dari 3 anak ini juga mengenalkan suatu daerah kecil tapi dengan semangat masyarakatnya yang besar juga pemerintah daerahnya yang peduli. Oka berharap melalui novelnya, selain mengetengahkan semangat dan kerja keras yang bisa memenangkan apa saja, juga dapat membuka
pengetahuan masyarakat luas  tentang kehidupan
warga di Bontang, yaitu suatu daerah di Indonesia yang kecil tapi terkaya di Indonesia karena hasil gas alam dan amoniaknya yang melimpah.
Kembali ke inti novel ini yaitu semangat, kenapa Si penulis kita ini begitu concern dengan masalah semangat di debut novelnya? Ya karena dengan selalu bersemangat kita akan bisa mengalahkan apa saja. Sekali lagi....apa saja. Dengan semangat kita bisa mengalahkan hambatan diri yang selalu menghalangi. Dan apa yang dinarasikan Oka dalam 12 menit bagus sekali....dengan hambatan begitu besar,  entah dari pribadi atau kelompok, sebuah marching band yang notebene adalah kumpulan anak muda yang galibnya hanya mendasarkan tindakannya pada emosi semata. Semangat memang oke, apalagi fisik yang masih prima-primanya, tapi masih sangat labil, mudah berubah, disitulah letak tantangan sebenarnya,  bagaimana bisa tetap menjaga semangat,  terutama di 12 menit kritis dalam penampilan mereka di lapangan.
Novel dan juga diikuti dengan filmnya, 12 menit ini,  sangat baik dan bisa memberikan
sisi pembelajaran positif kepada masyarakat, so harus didukung penuh oleh
segenap kalangan.
Novel ini berisi cerita orang-orang yang tak
pernah takut meraih mimpi, semustahil apapun mimpi itu,  tak ada yang tak mungkin.
Novel ini juga bertaburan kata-kata
inspiratif yang membangun jiwa tapi sekaligus juga menyelipkan humor cerdas. Sangat entertaining juga mencerahkan...
. Mereka bertekad
membuktikan pada dunia bahwa tidak ada hal yang mustahil di dunia ini sepanjang semangat dan kerja keras dijaga.
Bravo!:

Selasa, 19 November 2013

Share photos and updates with Rini

facebook
Rini is sharing photos, updates and more on Facebook. Sign up to stay in touch with Rini and all the people you care about.
Rini Widyastuti
137 friends · 4 notes · 3 groups
Sign Up
Go to Facebook
This message was sent to riwid93.blueprincess@blogger.com. If you don't want to receive these emails from Facebook in the future or have your email address used for friend suggestions, please unsubscribe.
Facebook, Inc., Attention: Department 415, PO Box 10005, Palo Alto, CA 94303

Minggu, 03 November 2013

Check out Rini's photos on Facebook.

facebook
Check out Rini's photos on Facebook.
If you sign up for Facebook, you'll be able to stay connected with friends by seeing their photos and videos, staying up to date with their latest status updates, exchanging messages and more.
Join Rini on Facebook
This message was sent to riwid93.blueprincess@blogger.com. If you don't want to receive these emails from Facebook in the future or have your email address used for friend suggestions, please unsubscribe.
Facebook, Inc., Attention: Department 415, PO Box 10005, Palo Alto, CA 94303